ARTIKEL RANDOM - VPN

Scroll kebawah untuk melanjutkan...

Apa itu VPN?

Jaringan pribadi virtual atau yang biasa kita sebut VPN (Virtual Private Network) berfungsi untuk  memperluas jaringan pribadi di jaringan publik dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Aplikasi yang berjalan melintasi VPN dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi. Enkripsi adalah bagian umum, meskipun bukan bagian dari koneksi VPN.

Teknologi VPN dikembangkan untuk menyediakan akses ke aplikasi dan sumber daya perusahaan untuk pengguna jarak jauh atau seluler, dan ke kantor cabang. Untuk keamanan, koneksi jaringan pribadi dapat dibuat menggunakan protokol tunneling berlapis terenkripsi, dan pengguna mungkin diharuskan melewati berbagai metode otentikasi untuk mendapatkan akses ke VPN.

VPN dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual melalui penggunaan sirkuit khusus atau dengan protokol tunneling melalui jaringan yang ada. VPN yang tersedia dari Internet publik dapat memberikan beberapa manfaat jaringan area luas (WAN). Dari perspektif pengguna, sumber daya yang tersedia dalam jaringan pribadi dapat diakses dari jarak jauh.

VPN termasuk tipe apa?

VPN dapat dikategorikan sebagai host-ke-jaringan atau akses jarak jauh dengan menghubungkan satu komputer ke jaringan atau sebagai situs-ke-situs untuk menghubungkan dua jaringan. Dalam pengaturan perusahaan, VPN akses jarak jauh memungkinkan karyawan untuk mengakses intranet perusahaan dari luar kantor. VPN situs-ke-situs memungkinkan kolaborator di kantor yang berbeda secara geografis untuk berbagi jaringan virtual yang sama. VPN juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan serupa melalui jaringan perantara yang berbeda, seperti dua jaringan IPv6 yang terhubung melalui jaringan IPv4.

Jaringan data awal memungkinkan koneksi gaya VPN ke situs jarak jauh melalui modem dial-up atau melalui koneksi leased line menggunakan X.25, Frame Relay dan Asynchronous Transfer Mode (ATM) sirkuit virtual yang disediakan melalui jaringan yang dimiliki dan dioperasikan oleh operator telekomunikasi. Jaringan-jaringan ini tidak dianggap sebagai VPN yang benar karena mereka secara pasif mengamankan data yang dikirimkan oleh pembuatan aliran data logis. Mereka telah digantikan oleh VPN berdasarkan IP dan IP / jaringan Multi-protokol Label Switching (MPLS), karena pengurangan biaya yang signifikan dan peningkatan bandwidth disediakan oleh teknologi baru seperti digital subscriber line (DSL) dan jaringan serat optik.

VPN pada router

Dengan meningkatnya penggunaan VPN, banyak yang sudah mulai menggunakan konektivitas VPN pada router untuk keamanan tambahan dan enkripsi transmisi data dengan menggunakan berbagai teknik kriptografi. Pengguna rumahan biasanya menggunakan VPN di router mereka untuk melindungi perangkat seperti TV pintar atau konsol game, yang tidak didukung oleh klien VPN asli. Perangkat yang didukung tidak terbatas pada mereka yang mampu menjalankan klien VPN.

VPN di lingkungan seluler

Pengguna menggunakan jaringan pribadi virtual seluler dalam pengaturan di mana titik akhir VPN tidak terpaku pada satu alamat IP, tetapi malah menjelajah berbagai jaringan seperti jaringan data dari operator seluler atau antara beberapa titik akses Wi-Fi tanpa menjatuhkan sesi VPN yang aman atau kehilangan sesi aplikasi. VPN Seluler banyak digunakan dalam keselamatan publik di mana mereka memberi petugas penegak hukum akses ke aplikasi seperti Computer-aided dispatch dan basis data kriminal. VPN seluler komersial sering digunakan untuk keamanan jaringan Wi-Fi publik.

Sumber/Referensi : id.wikipedia.org

Copyright © 2022 SAFELINK ID
Dibuat dan dikembangkan Oleh Dimas Creative ID
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]